Trik Mudah Membuat Label Undangan

Biar gak Penasaran Berangkat ke-TKP.

Merupakan salah satu fasilitas dari Microsoft Word yang memudahkan pengguna dalam membuat surat yang isinya sama untuk penerima yang berbeda-beda. Contoh nyata yang sering menggunakan fasilitas Mail Merge adalah Label Surat Undangan Pernikahan, umumnya surat undangan yang dibuat oleh sekolah untuk para orang tua murid. Pertanyaanya !!!!

Bagaimana Cara Memuat Mail Merge?
1. Buka program Microsoft Word, buat dokumen seperti screenshot dibawah ini


    2. Pada Mailings Tab, klik Select Recipients, pilih Type New List
      
    3. Muncul tampilan di bawah ini


    4. Ganti judul field yang ada sesuai kebutuhan kita dengan menggunakan tombol Customize Columns (dalam contoh ini kita hanya memerlukan field Nama, Alamat dan Kota).
    Isi field tersebut sesuai kebutuhan

    5. Klik Ok, simpan dengan nama Undangan  



    6. Letakkan kursor di sebelah tulisan Bpk/Ibu
    Pada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih Nama


    7. Letakkan kursor di bawah tulisan Bpk/Ibu
    Pada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih Alamat
    8. Letakkan kursor di bawah tulisan «Alamat», Pada Mailings Tab, klik Insert Mail Merge, pilih Kota, sehingga tampilan menjadi seperti screenshot dibawah ini


    9. Untuk melihat hasilnya, pada Mailings Tab klik Preview Results, hasil akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data.  



    10. Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi Preview Results, lakukan perubahan sesuai kebutuhan
    11. Jika sudah selesai, untuk menyimpan dan mencetak hasil mail merge klik Finish & Merge pilih Print Documents. Ada 3 pilihan:
    a.       All untuk mencetak semua surat.
    b.      Current record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif.
    c.       Isi nomor urut data pada kotak From dan To, untuk mencetak surat yang dipilih saja.


     
    Pembahasan cara dan Fungsi Kerja Mail Marge diatas hanya sekedar contoh. silahkan di kembangkan sendiri sesuai kebutuhan sobat., semoga bermanfaat.
    Jangan lupa komennya… syukron

    Penulis : Abu Fathan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

    Artikel Trik Mudah Membuat Label Undangan ini dipublish oleh Abu Fathan pada hari Friday, December 27, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Trik Mudah Membuat Label Undangan
     

    0 Komentar:

    Post a Comment

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    Powered by Blogger.
    diooda

    Assalamualaikum. Wr.Wb

    Selamat datang di blog Abu Fathan, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Artikel Blog ini saya tulis dengan komputer dan koneksi internet yang sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

    Sekilas tentang Abu Fathan

    Photo di samping adalah photo anak pertama saya yang lahir tanggal 10/10/2011 tepat jam 02:45 pagi, dan saya beri nama Fathan Al-Nikman Arianto. Abu fathan adalah nama yang saya ambil dari nama depan anak saya ( Fathan ) sedang abu saya ambil dari bahasa arab yang artinya ayah, nama saya Arianto lahir di Gebang Kota Mataram Lombok. Tanggal 29 september 2009 saya merantau ke sulawesi tenggara dan berdomisili hingga sekarang.saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan September 2013, dan blog ini saya buat pada bulan Desember 2013

    Info
    close
    Banner iklan disini